Senin, 28 November 2022

ETIKA BISNIS

Halo, ketemu lagi nihhh sama aku. Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan wawasanku mengenai Etika Bisnis yang aku dapatkan setelah menghadiri kelas dengan mata kuliah Etika Profesi di Universitas Jember.


https://portalberita.stekom.ac.id/assets/images/berita/etika-bisnis-dan-manfaatnya.jpg?t=


Pengertian

Bisnis merupakan sebuah "entitas" (perseorangan/kelompok) yang bertujuan menciptakan barang dan jasa untuk dijual dan biasanya dengan keuntungan. Dalam arti luas, bisnis sendiri memiliki pengertian yaitu menggambarkan semua aktivitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.
Etika Bisnis


Etika bisnis adalah suatu bentuk etika profesi yang mengatur prinsip etika dan masalah etika dalam lingkungan bisnis danberlaku untuk semua aspek dalam bisnis mulai dari aspek produksi, distribusi, pemasaran, penjualan dan konsumsi barang dan jasa yang berasal dari individu, aturan organisasi, ataupun sistem hukum yang ada.
Perlunya Etika Bisnis


Etika dalam bisnis sangat diperlukan. Selain mempertaruhkan barang dan uang untuk mendapatkan keuntungan, bisnis juga mempertaruhkan nama, harga diri, bahkan nasib manusia yang terlibat. Bisnis juga termasuk bagian penting dalam masyarakat . Tidak hanya itu saja, bisnis juga membutuhkan etika yang setidaknya mampu memberikan pedoman bagi pihak-pihak yang melakukannya. Memahami etika bisnis akan memberikan pelajaran bahwa bisnis yang berhasil tidak hanya bisnis yang mendapat keuntungan semata, melainkan bisnis yang etis dan memelihara hubungan yang baik antar manusia yang terlibat.


Kata Kunci Etika Bisnis
  • Morality
  • Behavior
  • Trust
  • Reliability
  • Responsibility
  • Principle
  • Relationship
  • Choice
Prinsip-Prinsip Etika Bisnis
  • Prinsip Kejujuran: Bisnis tidak akan tahan lama jika tidak dilandasi kejujuran karena kejujuran kunci keberhasilan suatu bisnis.
  • Prinsip Keadilan: Tiap orang dalam berbisnis harus mendapat perlakuan yang sesuai dengan haknya masing-masing, artinya tidak ada yang boleh dirugikan haknya.
  • Prinsip Saling Menguntungkan: Agar semua pihak berusaha untuk saling menguntungkan, demikian pula untuk berbisnis yang kompetitif.
  • Prinsip Integritas Moral: Para pelaku bisnis harus menjaga nama baik pribadi dan perusahaan/ organisasi agar tetap dipercaya dan berintegritas tinggi.
  • Masalah Etika dalam Bisnis


Masalah etika dalam bsinis merupakan sebuah masalah, situasi dan peluang yang dapat diidentifikasi yang mengharuskan seseorang untuk melakukan tindakan yang dapat dievaluasi sebagai tindakan yang benar atau salah, etis atau tidak etis. Dalam bisnis, pilihan seperti itu sering mempertimbangkan "keuntungan materi". Jalan terbaik untuk menilai etis atau tidak etis dari sebuah keputusan/tindakan adalah dengan melihat dari sudut pandang customer dan kompetitor.

Kemudian, banyak masalah dalam bisnis yang mungkin "nampak mudah" dan "mudah" untuk dipecahkan, namun kenyataannya sulit dan butuh pengalaman bisnis yang cukup lama untuk memahami apakah masalah itu etis atau tidak. Misalnya, seorang marketing property menawarkan hadiah berupa tiket nonton festival kepada pelanggannya. Apakah sekedar praktik penjualan atau lebih??? Jawabannya sangat sulit, untuk ukuran transaksi bisnis tidak ada masalah. Namun akan ada banyak faktor lain untuk menentukan apakah tindakan tersebut dinilai benar dan salah oleh orang lain.
Belajar dari Kasus Wal-Mart


Wal-Mart menjual produk sandal yang sangat mirip dengan brand sandal populer "Teva". Founder Teva Mark Thatcher mengamati penjualan sandal Teva mengalami penurunan dari US $69 juta menjadi US $42 juta, dan eksekutif perusahaan mengetahul karena Wal-Mart menjual sandal tembakan yang sama persis dengan Teva.Isu etika ini dibawa ke pengadilan oleh eksekutif Teva, dan Teva memenangkan hukum tersebut dan Wal-Mart setuju untuk berhenti menjual sepatu tersebut.

Etika juga terkait dengan budaya dimana bisnis beroperasi. Di Kanada dan US, sangat tidak pantas memberikan hadiah kepada calon klien pada pertemuan pertama, hadiah itu dianggap sogokan. Tapi di Jepang, dianggap tidak sopan apabila tidak membawa hadiah. Pengalaman terhadap budaya-budaya tersebut penting untuk dipahami apakah perbuatan perbuatan tersebut tergolong etis dan tidak etis.


E-Commerce

E-Commerce adalah kemampuan perusahaan untuk menyediakan website dinamis (dynamic presence) pada internet yang dapat digunakan untuk melangsungkan bisnis secara elektronik, atau dengan kata lain memiliki sebuah toko online (Chitrangda,2014). Melalui e-Commerce, produk dapat diiklankan, dijual dan dibayarkan secara elektronik. Kelebihan terbesar dari e-Commerce adalah kemampuan untuk menyediakan transaksi belanja yang aman melalui internet dan hampir secara instan verifikasi dan validasi transaksi kartu kredit. Secara cost dan jangkauan pasar, e-commerce jauh lebih unggul dibandingkan conventional store.


Setelah mendapatkan pengetahuan tentang Etika Bisnis, aku jadi lebih memahami pentingnya etika bisnis. Etika bisnis sangat diperlukan agar jalannya bisnis dapat memberikan dampak yang baik dan perlindungan untuk setiap pihak yang terlibat di dalamnya. Selain itu, aku juga mendapatkan wawasan yang lebih luas mengenai e-commerce. Ternyata ada undang-undang khusus yang mengatur e-commerce di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 IT FORENSIC Hallo gais ketemu lagi diblogku kali ini, dan dipertemuan terakhir etika profesi dikampusku , aku dapet materi tentang it foren...